Ini hanya untuk diriku sendiri.
Tapi jika anda kebetulan membacanya, semoga Allah memberikan kebaikan bagi seseorang yang mendengar perkataanku, lalu mengamalkannya, menghafal dan menyampaikannya. Karena bisa jadi orang yang membawa pengetahuan tidak lebih faham dari orang yang disampaikan.

Minggu, 13 September 2009

Laki-laki

Renungan Ayat:

"Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita."
(An Nisa': 34)

Ketika penulis surfing untuk mencari referensi tentang kedudukan laki-laki dalam islam di paman google ternyata hasil yang di dapat adalah begitu banyaknya result yang menerangkan tentang peranan wanita,kedudukan wanita,kodrat wanita dll tentang wanita...,daripada site tentang laki-laki.
sampai-sampai kebingungan juga mau posting tentang laki-laki.Terkadang penulis heran juga,kenapa gak banyak yang menulis tentang peranan laki-laki dalam islam?kalau yang saya tau,para ulama memang sepakat bahwa wanita adalah makhluk yang paling di muliakan dalam islam,walaupun dalam sisi lain ada yang menerangkan bahwa penghuni terbanyak di neraka adalah wanita.Sebegitu pentingkah peranan wanita sehingga perlu diatur sedemikian rupa?

Islam sangat memuliakan wanita.
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pernah ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak bagi aku untuk berlaku bajik kepadanya?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ayahmu.”
(HR. Bukhari, Kitab al-Adab no. 5971 juga Muslim, Kitab al-Birr wa ash-Shilah no. 2548)

Wanita Adalah Sumber Segala Fitnah.
Bila wanita sudah keluar batas dari kodratnya karena melanggar hukum-hukum Allah . Keluar dari rumah bertamengkan slogan bekerja, belajar, dan berkarya. Meski mengharuskan terjadinya khalwat (campur baur dengan laki-laki tanpa hijab), membuka auratnya (tanpa berjilbab), tabarruj (berpenampilan ala jahiliyah), dan mengharuskan komunikasi antar pria dan wanita dengan sebebas-bebasnya. Itulah pertanda api fitnah telah menyala.

Bila fitnah wanita telah menyala, ia merupakan inti dari tersebarnya segala fitnah-fitnah yang lainnya.
Allah berfirman (artinya): “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia untuk condong kepada syahwat, yaitu wanita-wanita, anak-anak dan harta yang banyak … .”
(Ali Imran: 14).
Al Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Sesunggunya fitnah wanita merupakan fitnah yang terbesar dari selainnya …, karena Allah menjadikan para wanita itu sebagai sumber segala syahwat. Dan Allah meletakkan para wanita (dalam bagian syahwat) pada point pertama (dalam ayat di atas) sebelum yang lainnya, mengisyaratkan bahwa asal dari segala syahwat adalah wanita.”
(Nashihati Linnisaa’i: 114)

Waduwh...tu kan malah jadi ngomongin wanita lagi.
Gantian ah...buat laki-laki neh.

CIRI-CIRI LAKI-LAKI SOLEH:

Tidak banyak syarat yang dikenakan oleh Islam untuk seseorang LAKI-LAKI untuk menerima gelar soleh, dan seterusnya menerima pahala syurga yang penuh kenikmatan dari Allah s.w.t. Alasannya tentu sudah terbahas diatas tadi,bahwa wanitalah yang memegang peranan penting dalam kehidupan.

Bagi laki-laki,Mereka hanya perlu memenuhi 2 syarat saja yaitu:
> 1. Taat kepada Allah dan RasulNya
> 2. Menjadi pemimpin bijak kepada ISTERI

Perincian dari dua syarat di atas adalah sebagai berikut:

1. Taat kepada Allah dan RasulNya
Bagaimana yang dikatakan taat kepada Allah s.w.t. ?
- Mencintai Allah s.w.t. dan Rasulullah s.a.w. melebihi dari segala-galanya.
- Wajib menutup aurat
- Tidak berhias dan berperangai seperti LAKI-LAKI jahiliah
- Tidak bermusafir atau bersama dengan WANITA dewasa kecuali ada
bersamanya
- Sering membantu WANITA dalam perkara kebenaran, kebajikan dan
taqwa
- Berbuat baik kepada ibu & bapa
- Sentiasa bersedekah baik dalam keadaan susah ataupun senang
- Tidak berkhalwat dengan WANITA dewasa
- Bersikap baik terhadap tetangga

2. Bijak kepada ISTERI
- Memelihara kewajiban terhadap ISTERI
- Menjaga kehormatan diri dan ISTERInya.
- Menjaga ISTERI dari fitnah.
- Mendengar nasehat ISTERInya dalam kebenaran
- Tidak menerima tamu yang dibenci ISTERInya.
- Sentiasa memelihara diri, kebersihan fisik & KETAMPANANNYA serta rumah tangganya.

FAKTOR YANG MERENDAHKAN MARTABAT LAKI-LAKI:


Sebenarnya puncak rendahnya martabat LAKI-LAKI adalah datang dari faktor dalam. Bukanlah faktor luar atau yang berbentuk material sebagaimana yang digembar-gemborkan oleh para pejuang hak-hak palsu LAKI-LAKI.

Faktor-faktor tersebut ialah:

1) Lupa mengingat Allah

Kerana terlalu sibuk dengan tugas dan kegiatan luar, maka tidak heran jika banyak LAKI-LAKI yang tidak menyadari bahwa dirinya telah lalai dari mengingat Allah. Dan saat kelalaian ini pada hakikatnya merupakan saat yang paling berbahaya bagi diri mereka, di mana syetan akan mengarahkan hawa nafsu agar memainkan peranannya.

Firman Allah s.w.t. di dalam surah al-Jathiah, ayat 23: artinya:
" Maka sudahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmunya.Dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya. "

Sabda Rasulullah s.a.w.: artinya:
"Tidak sempurna iman seseorang dari kamu, sehingga dia merasa cenderung kepada apa yang telah aku sampaikan."
(Riwayat Tarmizi)

Mengingati Allah s.w.t. bukan saja dengan berzikir, tetapi termasuklah menghadiri majlis-majlis ilmu.

2) Mudah tertipu dengan keindahan dunia
Keindahan dunia dan kemewahannya memang banyak menjebak LAKI-LAKI ke perangkapnya. Bukan itu saja, malahan syetan dengan mudah memperalatkannya untuk menarik kaum WANITA agar sama-sama bergelimang dengan dosa dan noda. Tidak sedikit yang sanggup durhaka kepada Allah s.w.t. hanya kerana kenikmatan dunia yang terlalu sedikit.

Firman Allah s.w.t. di dalam surah al-An'am: artinya:
" Dan tidaklah penghidupan dunia ini melainkan permainan dan kelalaian dan sesungguhnya negeri akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, oleh karena itu tidakkah kamu berfikir."


3) Mudah terpedaya dengan syahwat

4) Lemah iman

Laki-laki itu ter-qodar jadi pemimpinnya wanita, itu adalah mutlak namun memimpin pada hal-hal yang tidak membawa kemaksiatan.

"Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu bertanggung jawab atas kepemimpinannya."
(HR. Al Bukhari dan Muslim)



Subhanallah,ternyata penulis telah lalai selama ini.
ya robb .. .ampuni aku yg tidak tau diri membiarkan waktu ini berlalu begitu saja.
saat tersadar...ternyata hanya tersisa waktu sekejap untuk menyesal dan hanya bisa memohon diberi kesempatan kembali lagi, lagi, lagi...
karena aku hanyalah makhluk yang lalai.
Semoga Allah menerima taubat kita semua.
amin

Comments :

0 komentar to “Laki-laki”

 

Copyright © 2009 by Nursamsi

Terkadang orang yang paling kita cintai adalah orang yang paling menyakiti hati kita,karena itu berikanlah cinta sejati kita hanya kepada Allah SWT.Karena Dia-lah yang Maha Mencintai ummat-Nya.Forever!